TRANSPLANTING & PERAWATAN BIBIT. TRASPLANTING adalah proses pemindahan tanaman bibit anggrek dari dalam botol ke pot individu. Berikut adalah tahap tahapannya:

  • Sediakan media pakis cacah yang telah dicuci & di rebus air mendidih atau sabut kelapa yang telah diolah (ukuran panjang pakis 1 – 2 cm)
  • Baskom tempat air .
  • Pengait bibit ( kawat panjang dengan ujung dibentuk seperti mata pancing)
  • Fungisida 

Bibit “botolan” diberi air secukupnya . Digoyang-goyang supaya jeli menjadi lunak. Kait bibit dengan pengait dari kawat. (diusahakan dikait di bagian pangkal dekat akar). Bilas bibit dalam air bersih. Bersihkan jelly dari akar. Bilas sekali lagi sampai bersih. Rendam bibit dalam larutan fungisida Dithane M45 selama 1-2 menit ( uk : 1 sendok teh / 2 liter air ). Tiriskan bibit diatas kertas koran. Bila sudah kering, tanam bibit dalam pot. Usahakan akar tidak tertutup pakis (ingat: anggrek adalah tanaman epifit). Letakkan bibit ditempat yang terang dan sirkulasi udara yang baik. Kebutuhan sinar   40 – 60 % sinar matahari.
Sehari berikutnya bisa kita pupuk dengan komposisi sbb: Pupuk seimbang (20-20-20) 2 ml + Vit B1 (Liquinox) 1 ml / 1 liter air (dicampur) . Semprot di bagian punggung daun, akar dan batang diwaktu  pagi atau sore hari. Penyemprotan dilakukan 2 x seminggu. Setelah umur 1 bulan, pupuk diganti dengan “N” tinggi (30-10-10) . Siram tanaman sehari 2 x dimusim  kemarau atau sehari sekali dimusim hujan. (atau jaga kelembapan media saja “ingat: anggrek lebih suka kekeringan dari pada terlalu banyak air”. Untuk menjaga agar tidak  terjangkit  jamur dan penyakit, biasakan menggunakan fungisida dan insectisida bergantian sebulan sekali.



Siapkan media (sabut kelapa, pakis atau spaghnum moss), air bersih, larutan fungisida, pengait
Memilih bibit botol yang baik adalah bibit yang tumbuh serempak (sama). Media agar-agar  tidak terkontaminasi (jamur). Pastikan bibit dari silangan anggrek yang baik.
Buka tutup botol dan isi dengan air bersih secukupnya
Goyang goyangkan botol supaya jely menjadi lunak

Tarik bibit dengan pengait, pastikan bagian pangkal bibit yang ditarik
Bibit dicuci hingga bersih. Dalam mencuci yang perlu diperhatikan adalah menghilangi jely dari akar dan membuang akar yang mati (menghitam)
Rendam di larutan fungisida selama 1 – 2 menit
Tiriskan bibit ditempat teduh. Tunggu sampai kering
Bibit ditata berderet dan diberi media tipis diatas akar ( ingat: akar jangan dipendam, anggrek adalah tanaman epifit !!!! )
Bila bibit sudah besar, bisa langsung di tanam  individu dan sisanya dibuat kompot (Komunitas Pot)