Dendrobium Hybrid

Karena keterbatasan lahan, berkebun  di dak lantai atas rumah adalah solusi  yang terbaik. Tetapi bila yang kita tanam adalah anggrek…….. bagaimana cara menanamnya ?


Beberapa jenis anggrek membutuhkan sinar terang dengan angin yang selalu berhembus, maka dibuatlah naungan beratap (kanopi) untuk tanaman anggrek kita supaya tidak terlalu panas dimusim kemarau  dan terlalu basah dimusim hujan.

Border paranet sering kita gunakan untuk meredam panas, tetapi bila terlalu rapat mengakibatkan udara tidak masuk dan suasana menjadi lebih panas dan gerah.
Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kita menggunakan border alam, yaitu tanaman pagar yang kuat / tahan terhadap matahari penuh.
Pucuk merah (syzigium oleina) adalah salah satu tanaman border yang bagus untuk melindungi anggrek kita dari sengatan matahari, selain membuat lingkungan sejuk, daun kecil famili myrtaceae ini mampu ditembus dan digoyang angin sehingga membuat hembusan angin yang berirama.

Grammatophyllum speciosum adalah salah satu border dari jenis tanaman anggrek. Daun yang melebar seperti tebu atau daun kelapa bisa meredam sinar berlebihan terutama sinar dari samping.

Prinsipnya dalam membuat greenhouse di atap rumah, diusahakan menggunakan border alam agar lebih sejuk dan nyaman.

Border alam sangat bagus untuk mengurangi sinar matahari yang berlebihan

Menanam anggrek di “Dak” atas rumah tidak perlu menggunakan rak yang tinggi. Pastikan sirkulasi udara lancar dan disiram air setiap hari

Tambahkan shading Net bila sinar yang masuk terlalu berlebihan.