amabilis ‘Pelaihari’
Penggemar Anggrek di Kalimantan Selatan bisa bangga dengan rencana dikukuhkanya anggrek bulan Pelaihari sebagai anggrek varietas unggul. Selain indah, susunan kuntum anggrek bulan Pelaihari tertata sangat rapi.

Diakui Aida Ketua PAI Kalsel, anggrek bulan Pelaihari memiliki cabang yang lebih banyak dibanding dengan jenis anggrek lainya. “Bunganya memang bagus dan tangkainya bisa mencapai 25 – 50 tangkai, makanya sangat digemari orang,” tandasnya.
Rencana pengukuhan tersebut akan bersamaan dengan diselenggarakanya Merantus Orchid Show 2010 yang diadakan pada tanggal 3 – 7 November 2010, di Taher Square Banjarmasin.

Acara ini diadakan oleh Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kalsel bekerja sama dengan Banjarmasin Post Group dan Bank Kalsel, digandeng pula Persatuan Ikan Hias Kalsel, Perhimpunan Reptil dan Perhimpunan Kucing.

Dalam acara ini Ketua Umum PAI Pusat, Mufidah Yusuf Kalla akan hadir untuk mengukuhkan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PAI Banjarbaru, Banjarmasin, Martapura dan DPD Kalteng.
Yang tidak kalah menarik yaitu diselenggarakanya Lomba Bunga Anggrek, Lomba Photo Anggrek, Lomba Landscape/Taman Miniatur, Lomba Hewan Reptil, Lomba mewarnai (TK), Lomba ikan hias.
Sumber : B. Post