Intersectional Hybrids

Umur berapakah dendrobium berbunga
Tergantung sectionya, bila section Phalaenanthe akan berbuga sekitar 1 – 1,5 tahun setelah keluar dari botol, section spatulata akan lebih lama,
begitu pula akan berbeda dengan section yang lain

Ada berapa Section Genus Dendrobium
Genus dendrobium adalah salah satu genus yang sangat besar, lebih dari 1000 species dan terus berkembang jumlahnya. Para ahli botani berusaha untuk membagi  bagian (section), dengan tujuan agar petani lebih mudah dalam hal budidaya dan perawatan. Dibawah ini daftar panduan section secara umum

Section Aporum
Tanaman anggrek epifit dataran rendah dengan daun yang gemuk dan berair. Evergreen. Kecil keputih putihan, bunga berwarna merah muda atau kuning. Meskipun kelihatan berair, anggrek ini tidak tahan kekeringan. Species Aporum hidup didaerah hangat dan lembab.

Section Callista
Bulb (batang) silinder, menebal, lebih besar di dasar atau di perutnya. Daun terkonsentrasi pada puncaknya. Kokoh. Kebanyakan bunga kuning ada beberapa yang putih dan pink. Hidup didaerah dingin dan kering. Memerlukan istirahat (dorman) untuk berkembang.
contoh : Den. acinaeciforme ; Den. densiflorum

Section Calcarifera
Berkembang biak di daerah philipina, bentuk batang silinder, daun evergreen utuh sepanjang batang, tetapi daun tipis. Bunga berbentuk tabung dengan kelopak datar. berbagai macam warna. Bunga cenderung kecil dan berkelompok menggantung.

Section Calyptrochilus
Secara khusus berkembang biak di New Guinea. Daun evergreen. Bunga berbentuk tabung pendek.  Hidup di daerah hangat sepanjang tahun.

Section Dendrobium
Batang biasanya silinder, menebal, daun panjang, sering berganti daun dalam satu atau dua tahun. Bunga berwarna warni, di dominasi putih, merah muda, merah dan kuning.
contoh: Dendrobium amethystoglossum , Dendrobium  Lawesi, Dendrobium falconeri,  Dendrobium moschatum

Section Formosae
Batang silinder menebal terkadang ditutupi rambut pendek. Bunga didominasi warna putih tahan lama dan spektakuler.
Tumbuh di daerah himalaya – indonesia. Hidup di daerah kering basah.

Section Latouria
Batang tebal bundar. Daun evergreen. Bunga kadang kadang berbulu pada permukaan luar. Banyak bintik2 dan garis2 pada bunga. Hidup didaerah lembab sepanjang tahun

Section Oxyglossum
Tanamanya kecil danhidup didaerah tinggi, terutama di New Gunea. Daun dan batang pendek. kadang tidak jelas. Bunga sangat menyolok dan sangat tahan lama. Hidup didaerah kelembaban dan dingin.
contoh:  Dendrobium williamsoni, Dendrobium johnsoniae, Dendrobium laevifolium

Section Pedilonum
Tanaman kecil dari kepulauan Pasifik, Evergreen, berdaun panjang dan tipis, batang silinder, bunga cenderung berbentuk tabung dan berwarna cerah.

Section Phalaenanthe
Jenis yang paling banyak dibudidaya, batang bundar dan besar, membutuhkan kondisi yang hangat dan kering dimusim dingin. Bunga bulat ‘round’ kebanyakan berwarna putih dan ungu

Section Spatulata
The antelope dendrobiu. Batang tebal dan berbentuk silinder dan panjangnya bisa lebih dari 1 meter. Banyak bunga yang petalbya tegak, sering melintir, coklat, merah muda, warna kuning dan putih.
Banyak tumbuh di hutan rawa, kelembaban yang tinggi dan banyak air yang diperlukan. contoh: Dendrobium bracteosum, Dendrobium gouldi, Dendrobium superbiens, Dendrobium lasianthera.

Intersectional Hybrids
Sebagian anggrek hibrida adalah perkawinan dari Phalaenanthe dan Latouria. Ada juga section spatulata dan latouria. Perkembangan hibrida sekarang sudah jauh antar section dendrobium.