Phalaenopsis Hybrid

Mungkinkah anggrek Phalaenopsis berbunga dimusim kemarau

Phalaenopsis akan berbunga bila temperatur turun. Dimusim kemarau lebih banyak digunakan untuk memproduksi daun, tetapi  beberapa  keturunan Doritis atau Doritaenopsis (Dtps) mampu berbunga di musim kemarau.
Bagaimana cara membungakan Phalaenopsis diluar musim
Tehnologi sekarang berkembang sangat pesat. Berapapun kebutuhan Phalaenopsis di musim kemarau dapat terpenuhi. Banyak pekebun besar  mensiasati dengan membuat 2 buah greenhouse di dataran rendah dan dataran tinggi. Bila kondisi tanaman sudah dewasa, Phalaenopsis dibawa ke dataran tinggi untuk dibungakan. Shock temperatur membuat Phalaenopsis terangsang untuk mengeluarkan bunga.
Bagaimana kalau kita hanya punya satu tempat di dataran rendah
Sangat sulit untuk membungakan Phalaenopsis di dataran rendah di saat musim kemarau. Kita harus jeli dalam memilih benih, cari Phalaenopsis yang mempunyai  keturunan Doritis. Caranya dengan memastikan label / nama Phalaenopsis dengan code Dtps (Doritaenopsis).
Kondisikan Doritaenopsis di tempat teduh dengan sirkulasi udara yang baik (jawa:semribit). Gunakan pupuk dengan kadar P dan  K tinggi. Pupuk dua kali dalam seminggu.
Apakah Phalaenopsis bisa beranak
Phalaenopsis mempunyai bentuk pertumbuhan monopodial, dimana pertumbuhan batang tanaman  tumbuh terus ke atas. Anakan akan muncul di malai bunga atau yang disebut keiki. Anakan juga akan keluar dari samping batang kalau titik tumbuh (pucuk pertumbuhan daun) terganggu.
Bagaimana cara membuat anakan Phalaenopsis
Kelupas seludang malai bunga, olesi dengan  hormon tumbuh  Keiki Fix. Hormon ini dikemas dalam botol injeksi sekitar 4-5 cc, berbentuk pasta, mengandung benzil adenin dan kinetin, dan berwarna kuning kecokelatan.