Anggrek bulan keluar buahnya, apa yang harus saya lakukan
Buah anggrek berbentuk kapsul dan berbelah 6. Bijinya seperti debu, sangat banyak dan ringan sehingga mudah terbawa angin.
Bila Phalaenopsis kita berbuah, maka distribusi makanan di gunakan untuk pembentukan buah. Jangan heran bila pada saat anggrek kita berbuah, tanaman akan lambat pertumbuhanya. Merawat anggrek yang berbuah seperti merawat anggrek berbunga. Gunaka nutrisi yang mengandung  ‘P dan K’ bila biji anggrek ingin di tanam, dan potong buahnya bila kita tidak membutuhkanya.
Apakah biji anggrek bisa di tanam seperti biji yang lain 
Biji anggrek tidak memillki jaringan penyimpan cadangan makanan (endosperm). Perkecambahan baru terjadi jika biji jatuh pada medium yang sesuai dengan kebutuhanya. Oleh karena itu untuk pertumbuhanya kita harus menyediakan media dan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan perkecambahan biji anggrek. Biasanya kita menggunakan media agar, gula dan senyawa lain untuk pertumbuhanya. Di habitatnya pertumbuhan biji anggrek tidak lebih dari 1%, sedang menggunakan sistem kultur jaringan kita bisa mengusahakan sampai 100% tumbuh.
Bagaimana cara membuahkan anggrek
Buah akan terbentuk karena adanya perkawinan / penyerbukan / polinasi. Polinasi ini bisa secara alami (serangga, angin, hujan dll) atau dibantu dengan manusia. Prinsip dari Polinasi adalah bertemuanya polinia (berwarna kuning) kedalam stigma (kepala putik). Setelah terjadi penyerbukan, beberapa hari kemudian bunga yang diserbuki akan layu dan bagian pangkalnya akan berkembang menjadi buah. Buah phalaenopsis akan masak sekitar 4 – 6 bulan setelah penyerbukan. Untuk lebih jelasnya bisa lihat video dibawah ini

Diunduh dari Orchid Hand Pollination 2 – by Heytimjay melalui YouTube

Bagaimana serangga bisa membantu penyerbukan
Lidah anggrek sering berbentuk seperti serangga (lebah). Serangga akan terkecoh dengan bentuk yang menyerupai pasanganya. Serangga berusaha untuk ‘mengkawininya’, tanpa sengaja polinia menempel di kepala / pantat serangga. Karena tidak berhasil untuk kawin, serangga akan berpindah ke bunga anggrek yang lain dan  polinia berpindah ke lubang stigma. Terjadilah penyerbukan, begitulah kebesaran Tuhan,

Diunduh dari Wild orchid wasp mimic – David Attenborough – by: BBC Worldwide melalui YouTube

Apakah Candi Orchid menerima buah anggrek untuk di semai
Candi Orchid menerima buah untuk disemai dengan ketentuan yang berlaku. Candi Orchid tidak bertanggung jawab atas hasil perkawinanya dan tidak berhak untuk menjualkan botol atau dalam bentuk apapun yang berkaitan dengan ‘buah titipan’.