Phal. equestris hybrid

Setelah kuntum bunga anggrek bulan layu dan rontok, apakah tangkai bunga dipotong?
Tangkai bunga phalaenopsis yang sehat berwarna hijau kecoklatan. Bila perawatan bagus akan keluar bunga baru di tangkai tersebut.
Sebaiknya tidak dipotong bila ingin mempertahankan ‘bunga lanjutan’ (selalu ada bunga). Silahkan dipotong bila ingin tangkai bunga baru atau  tangkai bunga sudah mengering.
Tentunya menunggu tangkai bunga baru akan lebih lama dari ‘bunga lanjutan’, tetapi hasil bunganya  akan lebih bagus dan sempurna.

Tangkai anggrek bulan saya keluar anakan.
Tangkai bunga phalaenopsis bisa tumbuh tunas baru yang disebut keiki (Baca: Keiki). Jika ingin memisahkan tunas tersebut, tunggu sampai keluar daun minimal 3 lembar. Potong dan tanam menggunakan media yang sesuai.

Tangkai anggrek bulan saya pendek.
Tangkai pendek atau Novelty adalah keturunan (genetik) dari anggrek tersebut. Anggrek jenis novelty akan lebih pendek tangkainya dari anggrek cut flower.
Anggrek bertangkai pendek cenderung untuk dikoleksi. Warna dan ketebalan kuntum menjadi ciri bunga tangkai pendek. Biasanya Phalaenopsis tangkai pendek keturunan dari phalaenopsis violacea, phal. gigantea, phal amboinensis dll.

Tangkai bunga anggrek bulan bercabang. 
Tangkai bunga bercabang (Phalaenopsis Multiflora) ‘kebanyakan keturunan’ Phalaenopsis equestris. Ada hampir 400  hybrid equestris yang terdaftar. Dari keturunan inilah muncul anggrek phalaenopsis multiflora. Phalaenopsis Multiflora cenderung berbunga kecil dan kompak.