Mengapa anggrek bulan saya berbunga lebih sedikit dibanding pada saat saya beli?
Banyak yang mempengaruhi kualitas jumlah kuntum anggrek bulan. Anggrek bulan akan berbunga sempurna di daerah dingin / dataran tinggi. Bila kita merawat di dataran rendah, sudah dipastikan akan menurun jumlah kuntumnya.

Harap diperhatikan label nama anggrek tersebut. Code ‘Phal / P’ pada label menunjukan anggrek tersebut murni berdarah Phalaenopsis sehingga akan lebih bagus dirawat di daerah dingin. Sedang ‘Dtps’ (Doritaenopsis) menandakan anggrek tersebut sudah ada darah ‘Doritis’ yang mampu hidup baik di dataran rendah. 

Memacu pemupukan tidak akan mempengaruhi jumlah kuntum. Sebaliknya membuat lingkungan yang sesuai dengan anggrek tersebut membuat kuntum dan kualitas bunga menjadi lebih prima. (contoh: perhatikan bunga anggrek di tetangga kita yang ditempelkan dipohon. Selalu berbunga dan kelihatan sehat. Tanyakan …. berapa kali disiram, dipupuk, dll ?????)

Anggrek bulan saya daunya busuk. Kenapa?
Salah satu masalah dalam Merawat Anggrek   terutama anggrek Phalaenopsis adalah serangan penyakit busuk lunak yang disebabkan oleh Erwinia carotovora ssp. carotovora (Semangoen, 1991).
Gejala penyakit busuk daun ini ditandai dengan timbulnya bercak yang berwarna lebih gelap dibandingkan dengan daun yang sehat. Selanjutnya daun menjadi lunak, berair dan mengeluarkan bau yang khas. Penyakit ini akan menjalar ke bagian pucuk tanaman ( titik tumbuh ) sehingga dalam waktu singkat tanaman akan mati. Pemberantasan yang dilakukan pada umumnya adalah memotong daun yang terserang penyakit atau membuang tanaman tersebut.

Pada umumnya infeksi bakteri pada anggrek bulan terjadi bila pada permukaan tanaman terdapat genangan air dan kurangnya sirkulasi udara. Bakteri masuk ke dalam tanaman melalui mulut daun ( stomata ) atau karena adanya luka. Infeksi yang ditimbulkan disebabkan oleh Erwinia carotovora yang lebih dikenal sebagai penyakit busuk ”Soft rot”. Beberapa petani banyak menggunakan bakterisida secara berkala. Penggunaanya satu bulan sekali atau menjadi sebulan 2 sampai 3 kali pada saat perubahan cuaca. Hindarkan Phalaenopsis dari terpaan air hujan, beri naungan agar tidak kelebihan air. 

Menanam phalaenopsis yang aman dari busuk daun yaitu dengan cara vertikultur. Cara vertikultur dapat menghindari dari genangan air di media dan cenderung mendapat sirkulasi udara yang baik.
Penggunaan varietas phalaenopsis yang memiliki ketahanan terhadap penyakit busuk daun adalah alternatif bagi petani yang akan budidaya anggrek bulan / Phalaenopsis.

Daun anggrek bulan saya ada bercak hitam bahkan putih keperakan ….
Dimusim kemarau kerusakan karena tungau (spider mite) sangat cepat menjalar. Gejala yang timbul akibat serangan tungau ini adalah adanya bercak berwarna kuning / coklat di bagian atas daun. Kerusakan yang khas yaitu rusaknya bagian stomata bagian bawah daun (punggung) dengan warna seperti perunggu keperakan. Pada tingkat serangan lanjut daun akan menghitam dan gugur. 

Bila phalaenopsis terserang tungau mengakibatkan produktifitas menurun bahkan cenderung mati. Cara tercepat untuk membasmi tungau tersebut dengan menyemprot ‘akarisida’ lima hari sekali.
Bila serangan hanya beberapa tanaman bisa dilakukan dengan mengusap punggung daun dengan kapas yang diberi alkohol 70%. Setelah diusap, perhatikan kapasnya …. akan terlihat titik titik berwarna orange, itulah tungaunya….

Akar Phalaenopsis saya tidak tumbuh ……
Akar yang sehat pada phalaenopsis adalah berwarna putih besar (dibanding dendrobium, oncidium) dengan ujung hijau muda atau merah, tidak berbuku-buku dan bersisik. Tumbuh terus pada bagian ujungnya, bentuknya meruncing sehingga mudah sekali menembus rongga media.  

Dilihat dari fungsinya akar phalaenopsis berguna untuk menempel di media dan memperkuat berdirinya tumbuhan, untuk menyerap air dan zat-zat makanan yang terlarut di dalam air.
Beberapa akar Phalaenopsis akan tumbuh dan masuk ke dalam media, menempel di pot /pohon dan sebagian menggantung. Biarkan akar tersebut tumbuh dengan sendirinya.

Akar akan membusuk bila terlalu banyak air, berwarna coklat dan melepuh. Potong akar yang busuk agar tidak menyebar ke akar sebelahnya. Bila akar berkeriput berarti phalaenopsis tidak cukup air (biasanya dibarengi dengan daun yang layu). Akar berwarna kuning kecoklatan dengan pinggir sedikit hitam, tanda ini adalah sinyal sengatan matahari, pindahkan phalaenopsis ketempat teduh.

Bila akar berhenti tumbuh (ujungnya tumpul), berbuku2 dan cenderung diam menandakan bahwa media kita sudah terlalu asam. Ganti media dengan yang baru, potong akar pada bagian yang rusak, sisakan akar yang sehat.

Beberapa petani menggunaka vitamin B1 untuk mempercepat tumbuhnya kalus akar. Vitamin B1 bisa menggunakan vitamin yang biasa dikonsumsi manusia. 1/4 vitamin B1 25mg dicampur dengan 1 liter air, diaplikasikan bersama pupuk. Bila akar sudah mulai tumbuh, hentikan pemakaian vt B1.
Vit B1 juga dijual dalam kemasan seperti pupuk.

Apakah air  cucian beras bisa untuk pupuk ?
Air cucian beras banyak mengandung vit B1. Endapkan larutan tersebut, ambil air bagian atas dan disiramkan ke phalaenopsis. Perlakuan ini bisa dilakukan setiap pagi.