Anggrek adalah tanaman hias yang banyak digemari masyarakat. Tetapi merawat anggrek bagi beberapa penggemar merupakan hal yang susah. Banyak pertanyaan yang berhubungan dengan budidaya di tujukan  kepada kami. Berikut masalah yang sering ditanyakan konsumen:
Saya punya anggrek bulan putih besar, kenapa sudah satu tahun ini tidak mau berbunga ?
Merawat anggrek tidak hanya sekedar menyiram dan memupuk tanaman.
Lingkungan yang cocok (agroklimat) adalah syarat utama bagi pertumbuhan anggrek. Anggrek Bulan (Phalaenopsis) putih besar membutuhkan lingkungan yang teduh dan banyak angin. Usahakan mendapat sinar matahari pagi, karena sinar matahari pagi sangat membantu dalam proses pertumbuhnan. Segera ganti media dan pot setelah selesai berbunga (rontok). Sesuaikan dengan media yang biasa kita gunakan, misalnya: pakis cacah, arang, sabut kelapa atau spaghnum moss. Siram dan pupuk secara teratur.

Pupuk apa yang cocok untuk anggrek bulan ?
Menyediakan nutrisi bagi tanaman adalah wajib bila kita memeliharanya. Pupuk adalah nutrisi yang dibutuhkan tanaman anggrek untuk meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Banyak pupuk yang beredar di pasar, sebaiknya gunakan pupuk yang dipastikan jelas kandungan nutrisinya,  dikeluarkan oleh perusahaan terdaftar dan kondisi pupuk tidak rusak.  Gunakan pupuk majemuk dengan konsentrasi seimbang (NPK, 20-20-20) untuk pertumbuhan dan NPK 9-30-30 untuk membungakan. Dosis pemupukan antara 1-2 gram / liter air bersih. Air yang digunakan mempunyai pH sekitar 6-7. Pemupukan dilakukan seminggu 2 kali.
Bagaimana cara memupuk anggrek dengan baik ?
Pemupukan sebaiknya pagi hari (pukul 6.00 – 8.00 ) saat matahari terbit atau sore (pukul 16.00 – 18.00) saat matahari tenggelam. Bila lokasi kita sangat terik, satu jam sebelum pemupukan bisa dilakukan penyemprotan air supaya permukaan daun tidak tegang. Cara pemupukan dilakukan dengan penyemprotan larutan pupuk dalam bentuk butiran lembut atau kabut ke seluruh bagian tanaman terutama permukaan daun bagian bawah (punggung) dan media tanam hingga basah diseluruh bagian. Penyemprotan pupuk dilakukan dengan jarak nozle/titik semprot dengan tanaman sekitar satu meter.
Saya menggunakan pupuk organik, mengapa pertumbuhan anggrek saya jadi lambat ?
Pupuk organik cair sangat penting untuk pertumbuhan phalaenopsis. Kandungan asam amino pada pupuk organik membantu meningkatkan pertumbuhan. Selain itu, pupuk organik dapat membuat media menjadi lebih subur (mengurai zat kimia yg tertimbun di media). Sebaiknya menggunakan pupuk organik yang dikeluarkan oleh perusahaan yang terdaftar atau membuat sendiri dengan cara fermentasi kotoran hewan, jeroan ikan  atau tumbuhan (buah, sayur dll).
Pertumbuhan tanaman terlambat dibanding pupuk kimia karena pupuk organik banyak di serap dari akar dan dirubah menjadi anorganik di daun. Proses inilah yang membutuhkan waktu cukup lama. Selain itu, anggrek mempunyai fase tertentu dengan kebutuhan kandungan pupuk yang berbeda. Misalnya dalam fase vegetatif anggrek banyak menggunakan unsur ‘Nitrogen’ dibanding fase generatif.

Menggunakan pupuk organik sebaiknya seminggu sekali setelah 2 kali pupuk kimia. Semprotkan pada bagian media, akar dan daun.

Apakah ada pupuk tambahan selain pupuk kimia dan organik?
Kita bisa menggunakan pupuk slow realise bila anggrek kita sering ditinggal pergi. Pupuk butiran yang diberikan ke media akan menguap dan haranya akan diambil akar dan daun. Berikan pupuk tambahan ini untuk kebutuhan sekitar 4 – 6 bulan.