Pemupukan. Pupuk merupakan makanan pokok bagi anggrek. Apalagi anggrek memiliki akar udara yang menggambil unsur hara (pupuk) dari udara untuk pertumbuhan. Pemberian Pupuk & Zat Pengatur Tumbuh  yang efektif dilakukan secara teratur dua kali dalam seminggu.
Penyemprotan pupuk dilakukan  setelah penyiraman air sesuai anjuran atau dosis pada kemasan pupuk. Pemupukan sebaiknya pada pagi hari setelah matahari terbit sampai jam 09.00 atau sore hari jam 15 – 17.00 pada waktu matahari tenggelam.

Ada 3 macam pupuk majemuk (N-P-K) sbb:

  • “N” tinggi, contoh: 32 – 10 – 10 . Digunakan untuk penyubur anggrek ukuran seedling/ bibit sampai umur 6 bulan (dari buka botol).
  • Pupuk seimbang, contoh: 18 – 18 – 18. Digunakan untuk penyubur anggrek dewasa umur 7 sampai 12 bulan.
  • “P dan K” tinggi, contoh: 6 – 30 – 30 Digunakan untuk merangsang pembungaan.
Tip. Pemakaian pupuk seimbang selama satu bulan setelah buka botol (keluar dari botol) dan diteruskan pupuk “N” tinggi akan mengurangi efek busuk daun dan kerusakan pada bibit anggrek. Pemupukan sore hari menunjukkan respon pertumbuhan yang baik pada anggrek Dendrobium.

Hormon, vitamin dan asam amino
. Untuk memacu pertumbuhan, tanaman anggrek juga membutuhkan suplemen vitamin. Hormon dan asam amino. Pemberian hormon dapat dilakukan bersamaan dengan pemupukan.

V
itamin B1 atau minyak ikan dapat diganti dengan air bekas cucian beras yang diendapkan (diambil bagian atasnya saja). Bisa disiramkan atau disemprot pada tanaman anggrek. Vit B1 dari IPPI (tablet 25 mg) juga bisa dipakai dengan dosis ¼ tablet / liter air.

Kandungan dan fungsi hara pupuk: